Jumat, 22 April 2016

pesona air terjuun sumenep batealit jepara

Pesona air terjun sumenep batealit Jepara

Air Terjun Sumenep juga air terjun yang termasuk baru populer tahun 2016. karna belum ada yang memperhatikan potensi alam yang berada di lingkungan sekitar.
Wono Pinus Setro atau tinesan yang terletak di desa batealit kabupaten Jepara merupakan salah satu alternative wisata alam yang murah meriah, suhu perbukitan yang sejuk serta hutan pinus yang asri membuat tempat ini dikenal dan dikunjungi banyak orang sehingga merasa tenang apabila berada di daerah tersebut.

Selain itu di Wono Pinus Setro juga terdapat beberapa air terjun. Di sebelah selatan Setro ada air terjun yang berundak dan di sebelah utara ada air terjun yang memiliki tiga tingkat yang oleh warga sekitar dinamai air terjun Sumenep. Kedua air terjun ini hanya dapat ditempuh dengan cara jalan kaki dan tidak ada petunjuk arah jalan untuk sampai lokasi air terjun.

Untuk mencapai air terjun Sumenep dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari hutan pinus. Pada 10 menit pertama kita akan melintasi punggung bukit dengan jalan berbatu selebar 2 meter yang sudah tertata rapi, selanjutnya kita akan menjumpai pertigaan jalan setapak selebar 50cm dan perjalan dilanjukan dengan berjalan kaki setapak demi setapak

Setelah berjalan dari hutan pinus ke Arah Timur kita akan menjumpai pertigaan jalan setapak yang ada tanda arah tempat air terjun berada.

Belok ke kiri menyusuri jalan setapak yang banyak ditumbuhi semak-semak dan pepohonan. Lokasi air terjun dari sini, selebihnya kita tinggal menuruni bukit ke area persawahan menuju lokasi air terjun

Air terjun pertama atau yang paling bawah berupa dinding batu dengan tiga anak air terjun yang berbaris Sejajar

Image result for air terjun sumenep

Air terjun ke-2 tidak jauh dari sini, hanya butuh waktu 10 menit untuk mencapainya dengan track lumayan menanjak dan cukup melelahkan . Air terjun inilah yang terindah dari ketiga air terjun yang ada. Air terjun kedua berupa dinding batu membentuk setengah lingkaran dengan tiga aliran yang menyebar dihiasi akar gantung dan Hembusan angin yang segar ditimbulkan dari aliran air terjun yang mengalir .

Air terjun ke-3 berupa dua aliran besar dan lebih tinggi dari sebelumnya. Kanan kiri air terjun merupakan lereng yang curam, tidak ada jalan menuju kesini jadi kita harus membuat jalur sendiri untuk mencapai lokasi, mendaki lereng bukit terlebih dahulu sebelum turun disisi lereng yang lain, berpegang pada akar-akar pepohonan, bergerak mencari sumber suara gemuruh air

Air terjun yang berundak sebelah selatan Tinesan.

butuh waktu sekitar 45 menit dari Tinesan untuk menuju ke lokasi, pada 5 menit pertama berjalan ke arah barat kita akan bertemu jalan setapak ke arah kanan menuruni bukit Setro, lanjut dengan menyusuri jalur irigasi dan sungai, setelah beberapa menit akan dijumpai pertemuan dua arus sungai dari situ dah terlihat air terjunny. Ada beberapa air terjun kecil disini dengan ketinggian sekitar 2-3 meter, berundak-undak dengan jarak tempuh 5 menit antar air terjun.